Monday, July 1, 2013

Athletic Track Gelora Bandung Lautan Api

Areal atletik track mungkin kurang populer disebagian suporter bola dikarenakan keberadaannya mengganggu dan memperlebar jarak pandang. Atletik menurut wikipedia adalah gabungan dari beberapa jenis olahraga yang secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi lari, lempar, dan lompat. Kata ini berasal dari bahasa Yunani "athlon" yang berarti "kontes". Atletik merupakan cabang olahraga yang diperlombakan pada olimpiade pertama pada 776 SM. Bisa dikatakan bahwa atletik merupakan perwujudan dari moto Olimpiade, "Citius, Altius, Fortius", yang berarti lebih cepat, lebih tinggi, lebih kuat.
Dalam atletik, sang olahragawan diharuskankan untuk berlari lebih cepat, melompat lebih tinggi dan melempar lebih jauh dari lawannya. Dahulu kala di Olympia, perlombaan tersebut hanyalah lomba lari yang terkadang mempersulit pelarinya dengan memakaikan baju perang atau membawa tameng prajurit. Saat ini, atletik telah menjadi cabang olahraga yang cukup populer di turnamen olahraga. Termasuk dalam cabang atletik adalah jarak 100m hingga marathon 42.195km, dari lempar martil hingga lompat tinggi.

Di Gelora Bandung Lautan Api disediakan Areal Running Track Dan Built in Equipment untuk pekerjaan2 Atletik yang tidak hanya lari saja. Areal Atletik track seluas 7900 m2 dan 8 lintasan ini merupakan lintasan lari berstandart IAAF ( International Association of Athletics Federations ). Pembangunannya membutuhkan waktu sekitar 5 bulan dari mulai penyiapan subbase , basecoarse , aspal dan pelapisan sintetik.




1. Running Track









2. Bak Pasir Lompat Jauh







3. Discus and hammer ring






4. Discus and hammer cage









5. Waterditch and hurdle







6. Polevault Through








dengan fasilitas ini Gelora Bandung Lautan Api bisa dipakai untuk cabang olahraga :

- Lari 10000m
- Lari 100m
- Lari Rintang 110 m
- Lari 1500m
- Lari 200m
- Jalan Cepat
- Lari Rintang 3000 m
- Lari 400m
- Lari Rintang 400m
- Maraton 4x100m
- Maraton 4x400m
- Lari 5000m
- Lari 800m
- Decathlon
- Lempar Cakram
- Lempar Martil
- Lompat Tinggi
- Lempar Lembing
- Lompat Jauh
- Maraton
- Lompat Galah
- Tolak Peluru
- Triple Jump

Penggunaan material sintetis yang standart IAAF harus cukup diperhatikan dikarenakan dengan penggunaan material itu maka bila ada pemecahan rekor baik rekor nasional , ASEAN , ASIAN baik olimpiade maka akan tercatat resmi dan diakui oleh federasi atletik tersebut (IAAF).
untuk materialnya sendiri di GBLA menggunakan Herculan ex Belanda dengan ketebalan 14 mm, material ini sendiri merupakan material atletik standart IAAF yang terdiri dari 2 komponen lapisan



penggelarannya pun cast in situ  atau digelar dari butiran dicampur dengan cairan sintetis dan langsung diratakan di perkerasan lapangan yang sudah level pastinya menggunakan alat khusus yang didatangkan dari luar negeri.
Selain untuk lapangan lari material ini juga sering dibuat untuk playground ini beberapa contohnya:





 Di indonesia kami juga dikerjakan beberapa arena playground dan jogging track, dikarenakan lebih higienis dan tanpa sambungan sehingga lebih awet dan free maintenance seperti itu contohnya antar lain :

1. Rumah Tinggal Resedintial Bandung


2. office Bandung 



Untuk yang tertarik untuk membuat jogging track dan playground arena dapat menghubungi tim kami divisi sport and landscape

3 comments:

untuk harganya berapa per m2

bisa minta no kontak sy lg ada kerjaan perencanaan untuk lintasan atletik

Untuk running track ukurannya sama seperti di sabuga atau di gasibu??

Post a Comment