Saturday, January 19, 2013

Memindahkan Gunung - Proyek Stadion Gedebage

Pekerjaan Tanah Proyek Stadion Gedebage bisa dibilang Pekerjaan dominan dari segi waktu karena disini paling banyak menghabiskan waktu untuk konstruksi bayangkan sebanyak lebih dari 400 ribu meter kubik tanah dipindahkan dari gunung2 sekitar , banyaknya kita mengambil tanah dari daerah nagrek dan tanjungsari , kalo kata orang sini kerjaan tanah proyek stadion gedebage bagaikan memindah gunung , di pekerjaan ini kontraktor menghabiskan waktu hampir 2 tahun, kendalanya awalnya akses yang tidak memungkinkan masuknya truk tronton sedangkan pekerjaan tanah volumenya cukup besar.

selain kecil akses jalan cimencrang jalannya berlubang dimana-mana sehingga banyak truk yang tidak sanggup dan tidak mau supply tanah.
 Pekerjaan tanah cuma dapat dilalui dumptruk engkel kecil sekali rit cuma 7 m3 sehingga tidak maksimal
 Untuk lapisan awal kami menggunakan geotextile non woven sehingga menjadi lapisan pemisah antara tanah asli dan urugan ,
selain sebagai pemisah / separator lapisan geotextile kita gunakan sebagai bahan stabilisasi tanah dasar (terutama tanah dasar lunak), karena Geotextile ini sendiri mempunyai tensile strength (kuat tarik) yang lebih tinggi dibandingkan denganGeotextile Non Woven (sekitar 2 kali lipat untuk gramasi atau berat per m2 yang sama).Cara kerja Geotextile Woven adalah membrane effect, yang hanya mengandalkan tensil strength, sehingga tidak mereduksi terjadinya penurunan setempat (differensial settlement) akibat tanah dasar yang lunak atau jelek.

Setelah geotextile kami memancang PVD (Prefabricated Vertical Drain ) yang  fungsinya untuk mempercepat  konsolidasi dengan menyediakan jalur drainase dan ini membuat kuat geser tanah akan bertambah karena adanya disipasi air pori. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan tanah yang lebih stabil dan kuat menerima beban struktur dan lapangan bola itu sendiri.
setelah proses pemancangan PVD maka kami menanamkan instrument-instrumen untuk dimonitor day by day untuk memantau pergerakan tanah dan konsolidasi tanah tersebut, untuk lebih jelasnya lihat deskripsinya divideo dibawah ini :

0 comments:

Post a Comment